SELAMAT DATANG DI DESA TEGUHAN KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI

Artikel

Pengenalan Teknologi Tepat Guna untuk Pertanian melalui Pembuatan Pupuk Organik di Desa Teguhan

01 Desember 2023 11:17:34  Administrator  537 Kali Dibaca  Berita Desa

Teguhan.desa.id – Pemerintah Desa Teguhan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi ikut serta mendukung program Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan atau dikenal dengan PRLB. Kegiatan tersebut dilaksanakan menggunakan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023 untuk Bimtek/Pengenalan Teknologi Tepat Guna untuk Pertanian melalui pelatihan pembuatan pupuk organik yang berlangsung selama 1 hari yaitu pada Jumat (1/12/2023) di Dapur Bunda Serut Sewu Desa Teguhan.

Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan.

Dilatarbelakangi oleh semakin berkurangnya pupuk subsidi bagi petani disertai kondisi tanah kita yang sudah sakit, maka perlu dilakukan langkah untuk mencari solusi dari semua permasalahan itu. Tanah yang sudah rusak juga dapat mengurangi hasil produksi pada tanaman. Sehingga untuk meminimalisir kegagalan panen dapat menggunakan pupuk organik yang ramah lingkungan serta murah dan mudah didapatkan di sekitar lingkungan para petani.

“Bimtek ini pada intinya adalah untuk mengembangkan Pertanian Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan, diharapkan petani dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia, dan menggantikannya dengan pupuk organik,” kata Camat Paron.

Pengenalan teknologi tepat guna untuk pertanian melalui pembuatan pupuk organik di Desa Teguhan didampingi langsung oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Penyuluh bertugas memberikan dorongan kepada petani agar mau mengubah cara berpikir, cara kerja dan cara hidup yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman, serta perkembangan teknologi pertanian yang lebih maju. Dengan demikian, seorang penyuluh pertanian dalam melaksanakan tugasnya mempunyai tiga peranan:

  1. Berperan sebagai pendidik, memberikan pengetahuan atau cara-cara baru dalam budidaya tanaman agar petani lebih terarah dalam usaha taninya, meningkatkan hasil dan mengatasi kegagalan-kegagalan dalam usaha taninya;
  2. Berperan sebagai pemimpin, yang dapat membimbing dan memotivasi petani agar mau mengubah cara berpikir, cara kerjanya agar timbul keterbukaan dan mau menerima cara-cara bertani baru yang lebih berdaya guna dan berhasil, sehingga tingkat hidupnya lebih sejahtera;
  3. Berperan sebagai penasihat, yang dapat melayani, memberikan petunjuk-petunjuk dan membantu para petani baik dalam bentuk peragaan atau contoh-contoh kerja dalam usaha tani memecahkan segala masalah yang dihadapi.

Pembuatan pupuk organik di Desa Teguhan dimulai dengan pemaparan alat dan bahan yang akan digunakan, selanjutnya petani diajak praktik bersama-sama bagaimana cara membuat pupuk organik. Dalam pelatihan tersebut juga ada sesi tanya jawab antara petani dengan PPL.

Implementasi dari pelatihan ini yaitu petani diharapkan dapat memanfaatkan sesuatu yang dapat menghasilkan pupuk organik, tentunya untuk meningkatkan kesuburan tanah. Petani tidak berkeluh kesah lagi disaat menghadapi kelangkaan pupuk subsidi serta untuk meminimalisir penggunaan bahan kimia khususnya untuk kegiatan pertanian.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 987 Kali
Kontak Kami
09 Agustus 2022 | 987 Kali
Sejarah Desa Teguhan
16 Agustus 2022 | 764 Kali
Malam Tirakatan dalam Rangka HUT RI ke-77 Penuh Sejuta Makna
26 Agustus 2016 | 623 Kali
Sejarah Desa
01 Desember 2023 | 537 Kali
Pengenalan Teknologi Tepat Guna untuk Pertanian melalui Pembuatan Pupuk Organik di Desa Teguhan
29 Juli 2013 | 438 Kali
Profil Desa
26 Agustus 2022 | 411 Kali
Wilayah Desa

 Agenda

 Aparatur Desa

Back Next