SELAMAT DATANG DI DESA TEGUHAN KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI

Artikel

Pemdes Teguhan Mengikuti Pelatihan Penguatan PKK P3PD Angkatan IV di Surabaya

12 Oktober 2023 11:54:00  Administrator  120 Kali Dibaca  Berita Desa

Teguhan.desa.id – Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan desa dalam rangka memperbaiki tata kelola pemerintahan dan meningkatkan kualitas belanja dan pembangunan desa di lokasi program.

Saat ini, besarnya potensi desa belum diikuti dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, peningkatan kualitas belanja desa perlu dilakukan dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan dan pengolahan potensi desa untuk menurunkan tingkat kemiskinan perdesaan dan kesenjangan perdesaan dan perkotaan. 

Mendasar surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur Nomor : 140/8985/112.2/2023 perihal Pemanggilan Peserta Pelatihan Penguatan Aparatur Pemerintahan Desa P3PD Angkatan IV, Desa Teguhan dapat turut serta mengikuti undangan pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Aria Centra Surabaya. Pelatihan tersebut dijadwalkan selama 4 hari yaitu tanggal 8 s.d. 11 Oktober 2023.

Pihak yang diundang sebagai peserta pelatihan diantaranya Sekretaris Desa Teguhan, Ketua TP. PKK Desa Teguhan, Sekretaris TP. PKK Desa Teguhan, dan Kader PKK Desa Teguhan.

“Kami mendapatkan undangan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ngawi untuk memberangkatkan 4 peserta pelatihan sebagaimana terlampir pada surat bersama dengan 19 Desa lainnya se-Kabupaten Ngawi,” kata Kepala Desa Teguhan.

Supriyono juga menambahkan jika pelatihan angkatan IV ini perdana dari  Desa Teguhan sebagai perwakilan desa di Kecamatan Paron.

Berbagai agenda yang difokuskan dalam pelatihan Penguatan PKK P3PD diantaranya :

  1. Materi Kepemimpinan.
  2. Kebijakan Pemerintah dalam Penguatan PKK.
  3. Revitalisasi Kelembagaan PKK.
  4. Praktek Penyusunan Perencanaan Program Kerja PKK Desa.
  5. Kewirausahaan dan BUM Desa.
  6. Praktek Penyusunan Perencanaan Program Kerja PKK Desa.

“Desa kami sudah menjalankan 10 Program Pokok PKK, admistrasi selalu dikerjakan oleh Kader, dan kebetulan pada tahun 2022 saat terpilih mengikuti lomba mendapatkan Juara Harapan 1,” ucap Sriani selaku Ketua TP. PKK Desa Teguhan.

Sriani pun menambahkan saat pelatihan dirinya diminta menjelaskan keadaan PKK Desa, sistematika pengerjaan Buku Administrasi PKK, dan  bagaimana kaitannya PKK bekerja sama dengan BUM Desa untuk memasarkan produk unggulan desa.

“Tentunya banyak ilmu yang didapatkan selama mengikuti pelatihan. Selain difokuskan bagaimana cara mengelola potensi unggulan desa, kami diminta membuat rencana kerja 6 tahunan (RPJMDes) dan rencana kerja tahunan (RKPDes) termasuk membuat Peta/Sketsa Desa, Kalender Musim, serta Diagram Venn Kelembagaan Desa,” kata Sekretaris Desa Teguhan.

Budi Santoso juga memaparkan bagaimana keadaan Bum Desa Teguhan, kerja samanya dengan PKK Desa Teguhan, serta bagaimana menentukan skala prioritas masalah di desa mulai dari yang terpenting.

Diharapkan tentunya setelah pelatihan P3PD ini, Desa Teguhan dapat mengaplikasikan pelatihan yang didapat untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa Teguhan baik jangka pendek maupun jangka menengah.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 840 Kali
Kontak Kami
09 Agustus 2022 | 756 Kali
Sejarah Desa Teguhan
16 Agustus 2022 | 378 Kali
Malam Tirakatan dalam Rangka HUT RI ke-77 Penuh Sejuta Makna
26 Agustus 2016 | 346 Kali
Sejarah Desa
29 Juli 2013 | 325 Kali
Profil Desa
26 Agustus 2022 | 305 Kali
Wilayah Desa
01 Agustus 2022 | 294 Kali
Visi dan Misi

 Agenda

 Aparatur Desa

Back Next