SELAMAT DATANG DI DESA TEGUHAN KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI

Artikel

KPPS Desa Teguhan Siap Sukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024

26 Januari 2024 09:29:54  Administrator  163 Kali Dibaca  Berita Desa

Teguhan.desa.id - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) merupakan kelompok yang dibentuk oleh PPS untuk melaksanakan pemungutan suara di tempat pemungutan suara di TPS. Sedangkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) merupakan panitia yang dibentuk oleh KPU untuk melaksanakan Pemilu di tingkat kelurahan/desa.

KPPS di Desa Teguhan siap mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024. Bertempat di Aula Kantor Desa Teguhan, 147 KPPS di Desa Teguhan telah dilantik oleh Ketua PPS Teguhan atas nama Ketua KPU Kabupaten Ngawi pada Kamis (25/01/2024).

Pembentukan KPPS sangat penting karena bagian dari KPU sebagai Badan Adhoc penyelenggara Pemilu pada hari pemungutan suara. Sebagaimana Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu dan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota, peran KPPS untuk membantu KPU dalam menyelenggarakan pemilu, melaksanakan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dengan mengenakan pakaian atasan putih dan bawahan hitam, KPPS yang dilantik beserta seluruh tamu undangan mengikuti serangkaian kegiatan pelantikan secara khidmat. Pelantikan KPPS untuk pemilu tahun 2024 dilaksanakan serentak pada pukul 09.00 waktu setempat. Tercatat secara nasional berjumlah 5.741.127 KPPS yang tersebar di 820.161 TPS yang dilantik oleh KPU.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Desa Teguhan, Babinsa Desa Teguhan, dan Bhabinkatibmas Desa Teguhan beserta PPS dan Sekretariat PPS Desa Teguhan selaku penyelenggara kegiatan.

Nia Muhidatul Hasanah selaku pemandu acara pelantikan KPPS kali ini, memandu satu per satu susunan acara. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan menyimak Jingle Pemilu tahun 2024, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum, pengambilan sumpah oleh Ketua PPS Desa Teguhan, pendandatangan BA Pelantikan, pembacaan dan penandatangan Pakta Integritas oleh KPPS terlantik.

Abdul Khalim selaku Ketua PPS Desa Teguhan dalam kesempatan ini sebagai perantara menyampaikan sambutan Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari. Dalam sambutannya, Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwa bersamaan dilantiknya KPPS sebanyak 5.741.127 orang untuk 820.161 TPS dan lokasi pelantikan yang tersebar pada 71.000 titik akan ditandai juga dengan penanaman 5.709.808 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan. KPU memandang pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Kepala Desa Teguhan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada KPPS yang telah melalui serangkaian proses hingga dilantik menjadi KPPS Desa Teguhan. Diharapkan hak dan kewajiban KPPS untuk ditunaikan dengan baik serta KPPS dapat netral mengikuti aturan yang ada.

Setelah kegiatan pelantikan selesai, kegiatan selanjutnya adalah penanaman pohon serentak dan KPPS akan melaksanakan Bimtek KPPS yang dilaksanakan pada Senin, 29 Januari 2024 bertempat di Aula Kantor Desa Teguhan.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

 Aparatur Desa

Back Next

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Ngawi - Jogorogo KM. 12
Desa : Teguhan
Kecamatan : Paron
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63253
Telepon :
Email :